Saturday 20 April 2019

Perangkat Pembelajaran lengkap Pendidikan Agama Islam SMP kelas VII Semester ganjil (I)


Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran PAI lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester          : VII/Ganjil
Materi Pokok              :  Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta
   hadis  tentang  semangat menuntut ilmu.
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Alokasi Waktu            : 9 Jam Pelajaran  (3 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

NO
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.        
1.1            Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.
1.1.1          Menjelaskann arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.        
2.1.          Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait
2.1.1          Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.1.2          Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11.
3.        
3.1.           Memahami  makna Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
3.1.1          Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
4.        
4.1.1.     Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil.
4.1.1.1    Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
5.        
4.1.2.     Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
4.1.2.1    Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.

6.        
4.1.3.     Menyajikan keterkaitan  semangat menuntut ilmu   dengan pesan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33.
4.1.3.1    Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à  Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
à  Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah
à  Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
2.      Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à  Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
à  Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.      Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à  Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
à  Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait

Fokus nilai-nilai sikap
1.       Religius
2.       Kesantunan
3.       Tanggung jawab
4.      Kedisiplinan

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
1.      Fakta
à  Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan  Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.      Konsep
à  Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
à  Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap seorang islam
3.      Prinsip
à  Memahami al-Qur’an
4.      Prosedur
à  Mengartikan Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan  Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.      Materi Pembelajaran Remedial
à  Mari Memahami al-Qur’an
à  Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
à  Peserta didik diminta mencari hukum bacaan mad far’i

E.     Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                   :  Scientific Learning
2.       Model Pembelajaran     :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.       Media LCD projector,
2.       Laptop,
3.       Bahan Tayang


       Untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan klik dibawah ini
 

 Download perangkat Pendidikan Agama Islam Semester I

No comments:

Post a Comment

Saturday 20 April 2019

Perangkat Pembelajaran lengkap Pendidikan Agama Islam SMP kelas VII Semester ganjil (I)


Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran PAI lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester          : VII/Ganjil
Materi Pokok              :  Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta
   hadis  tentang  semangat menuntut ilmu.
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Alokasi Waktu            : 9 Jam Pelajaran  (3 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

NO
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.        
1.1            Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.
1.1.1          Menjelaskann arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.        
2.1.          Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait
2.1.1          Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.1.2          Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11.
3.        
3.1.           Memahami  makna Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
3.1.1          Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
4.        
4.1.1.     Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil.
4.1.1.1    Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
5.        
4.1.2.     Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
4.1.2.1    Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.

6.        
4.1.3.     Menyajikan keterkaitan  semangat menuntut ilmu   dengan pesan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33.
4.1.3.1    Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à  Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
à  Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah
à  Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
2.      Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à  Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
à  Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.      Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à  Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
à  Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait

Fokus nilai-nilai sikap
1.       Religius
2.       Kesantunan
3.       Tanggung jawab
4.      Kedisiplinan

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
1.      Fakta
à  Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan  Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.      Konsep
à  Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
à  Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap seorang islam
3.      Prinsip
à  Memahami al-Qur’an
4.      Prosedur
à  Mengartikan Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan  Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.      Materi Pembelajaran Remedial
à  Mari Memahami al-Qur’an
à  Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
à  Peserta didik diminta mencari hukum bacaan mad far’i

E.     Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                   :  Scientific Learning
2.       Model Pembelajaran     :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.       Media LCD projector,
2.       Laptop,
3.       Bahan Tayang


       Untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan klik dibawah ini
 

 Download perangkat Pendidikan Agama Islam Semester I

No comments:

Post a Comment