Saturday 20 April 2019

Perangkat Pembelajaran lengkap Prakarya SMP kelas VII Semester ganjil (I)

Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran Prakarya lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                  : SMP ...
Mata Pelajaran                    : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/Semester                    : VII / Ganjil
Materi Pokok                        : Pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman
Alokasi Waktu                     : 12 Minggu x 2 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman segar yang ada di wilayah setempat
·   Mengidentifikasi jenis bahan dasar, bahan bantu , dan bahan kemasan makanan yang dapat digunakan untuk pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar.
·   Memahami jenis alat dan kegunaannya yang digunakan untuk mengolah bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·   Memahami teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·   Memahami teknik pengemasan dan penyajian bahan pangan menjadi makanan dan minuman segar
4.1    Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman  sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
·   Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·   Mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman, mengemas dan menyajikan 
·   Menyajikan laporan proses dan hasil pengolahan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengidentifikasi jenis bahan dasar, bahan bantu , dan bahan kemasan makanan yang dapat digunakan untuk pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar.
·         Memahami jenis alat dan kegunaannya yang digunakan untuk mengolah bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·         Memahami teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·         Memahami teknik pengemasan dan penyajian bahan pangan menjadi makanan dan minuman segar
·         Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·         Mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman, mengemas dan menyajikan 
·         Menyajikan laporan proses dan hasil pengolahan

D.      Materi Pembelajaran
      Jenis bahan dasar,  bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
      Jenis alat dan kegunaannya
      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
      Teknik pengemasan dan penyajian

E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor


Download perangkat Prakarya kelas VII Semester I

No comments:

Post a Comment

Saturday 20 April 2019

Perangkat Pembelajaran lengkap Prakarya SMP kelas VII Semester ganjil (I)

Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran Prakarya lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                  : SMP ...
Mata Pelajaran                    : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/Semester                    : VII / Ganjil
Materi Pokok                        : Pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman
Alokasi Waktu                     : 12 Minggu x 2 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman segar yang ada di wilayah setempat
·   Mengidentifikasi jenis bahan dasar, bahan bantu , dan bahan kemasan makanan yang dapat digunakan untuk pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar.
·   Memahami jenis alat dan kegunaannya yang digunakan untuk mengolah bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·   Memahami teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·   Memahami teknik pengemasan dan penyajian bahan pangan menjadi makanan dan minuman segar
4.1    Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman  sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
·   Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·   Mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman, mengemas dan menyajikan 
·   Menyajikan laporan proses dan hasil pengolahan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengidentifikasi jenis bahan dasar, bahan bantu , dan bahan kemasan makanan yang dapat digunakan untuk pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar.
·         Memahami jenis alat dan kegunaannya yang digunakan untuk mengolah bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·         Memahami teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar
·         Memahami teknik pengemasan dan penyajian bahan pangan menjadi makanan dan minuman segar
·         Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·         Mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman, mengemas dan menyajikan 
·         Menyajikan laporan proses dan hasil pengolahan

D.      Materi Pembelajaran
      Jenis bahan dasar,  bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
      Jenis alat dan kegunaannya
      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
      Teknik pengemasan dan penyajian

E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor


Download perangkat Prakarya kelas VII Semester I

No comments:

Post a Comment