Saturday 20 April 2019

Perangkat Pembelajaran lengkap IPS SMP kelas VII Semester ganjil (I)



Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran IPS lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      :     …………...
Mata Pelajaran        :     IPS
Kelas/Semester        :     VII / Ganjil
Materi Pokok           :     MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN
Alokasi Waktu         :     15 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
·         menjelaskan pengertian konsep ruang;
·         menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
·         menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
·         menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·         menjelaskan  kondisi  saling  bergantung  yang  diperlukan  untuk terjadinya interaksi antarruang;
·         menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·         menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
·         menyebutkan letak Indonesia secara astronomis;
·         menyebutkan letak Indonesia secara geografis;
 4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
·         menjelaskan implikasi letak Indonesia terhadap aspek ekonomi;
·         menjelaskan implikasi letak Indonesia secara sosial dan budaya;
·         menjelaskan implikasi letak Indonesia secara geologis;
·         menjelaskan potensi sumber daya alam berupa hutan di Indonesia;
·         menjelaskan potensi sumber daya alam berupa sumber daya tambang;
·         menjelaskan potensi sumber daya perikanan laut Indonesia;
·         menjelaskan potensi sumber daya hutan mangrove di Indonesia;
·         menjelaskan potensi sumber daya terumbu karang di Indonesia;
·         membandingkan  jumlah  penduduk  Indonesia  diantara  penduduk negara lainnya di dunia;
·         menjelaskan pola sebaran penduduk Indonesia;
·         menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut usia;
·         menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin;
·         menjelaskan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
·         menjelaskan kualitas penduduk Indonesia;
·         menunjukkan keragaman rumah adat di Indonesia;
·         menunjukkan keragaman pakaian adat di Indonesia;
·         menunjukkan keragaman tarian di Indonesia;
·         menjelaskan kondisi geologi Indonesia;
·         menjelaskan kondisi bentuk muka bumi Indonesia;
·         menjelaskan kondisi iklim di Indonesia;
·         menjelaskan keragaman flora di Indonesia;
·         menjelaskan keragaman fauna di Indonesia; dan
·         menjelaskan bentuk-bentuk perubahan akibat interaksi antarruang.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan,  peserta didik diharapkan dapat:
·      menjelaskan pengertian konsep ruang;
·      menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
·      menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
·      menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·      menjelaskan  kondisi  saling  bergantung  yang  diperlukan  untuk terjadinya interaksi antarruang;
·      menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·      menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
·      menyebutkan letak Indonesia secara astronomis;
·      menyebutkan letak Indonesia secara geografis;

Untuk file lebih lengkap silahkan klik di link dibawah ini untuk mendownload.

 

Download perangkat pembelajaran IPS kelas VII Semester I

No comments:

Post a Comment

Saturday 20 April 2019

Perangkat Pembelajaran lengkap IPS SMP kelas VII Semester ganjil (I)



Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran IPS lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      :     …………...
Mata Pelajaran        :     IPS
Kelas/Semester        :     VII / Ganjil
Materi Pokok           :     MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN
Alokasi Waktu         :     15 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
·         menjelaskan pengertian konsep ruang;
·         menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
·         menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
·         menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·         menjelaskan  kondisi  saling  bergantung  yang  diperlukan  untuk terjadinya interaksi antarruang;
·         menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·         menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
·         menyebutkan letak Indonesia secara astronomis;
·         menyebutkan letak Indonesia secara geografis;
 4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
·         menjelaskan implikasi letak Indonesia terhadap aspek ekonomi;
·         menjelaskan implikasi letak Indonesia secara sosial dan budaya;
·         menjelaskan implikasi letak Indonesia secara geologis;
·         menjelaskan potensi sumber daya alam berupa hutan di Indonesia;
·         menjelaskan potensi sumber daya alam berupa sumber daya tambang;
·         menjelaskan potensi sumber daya perikanan laut Indonesia;
·         menjelaskan potensi sumber daya hutan mangrove di Indonesia;
·         menjelaskan potensi sumber daya terumbu karang di Indonesia;
·         membandingkan  jumlah  penduduk  Indonesia  diantara  penduduk negara lainnya di dunia;
·         menjelaskan pola sebaran penduduk Indonesia;
·         menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut usia;
·         menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin;
·         menjelaskan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
·         menjelaskan kualitas penduduk Indonesia;
·         menunjukkan keragaman rumah adat di Indonesia;
·         menunjukkan keragaman pakaian adat di Indonesia;
·         menunjukkan keragaman tarian di Indonesia;
·         menjelaskan kondisi geologi Indonesia;
·         menjelaskan kondisi bentuk muka bumi Indonesia;
·         menjelaskan kondisi iklim di Indonesia;
·         menjelaskan keragaman flora di Indonesia;
·         menjelaskan keragaman fauna di Indonesia; dan
·         menjelaskan bentuk-bentuk perubahan akibat interaksi antarruang.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan,  peserta didik diharapkan dapat:
·      menjelaskan pengertian konsep ruang;
·      menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
·      menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
·      menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·      menjelaskan  kondisi  saling  bergantung  yang  diperlukan  untuk terjadinya interaksi antarruang;
·      menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·      menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
·      menyebutkan letak Indonesia secara astronomis;
·      menyebutkan letak Indonesia secara geografis;

Untuk file lebih lengkap silahkan klik di link dibawah ini untuk mendownload.

 

Download perangkat pembelajaran IPS kelas VII Semester I

No comments:

Post a Comment