Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran IPS lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: …………...
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester
: VII
/ Ganjil
Materi
Pokok : MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN
Alokasi
Waktu : 15 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI1 dan
KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,
iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang
di Indonesia serta pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan.
|
·
menjelaskan pengertian
konsep ruang;
·
menjelaskan pengertian
interaksi antarruang;
·
menyebutkan contoh
interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
·
menyebutkan contoh
interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·
menjelaskan kondisi
saling bergantung yang
diperlukan untuk terjadinya
interaksi antarruang;
·
menyebutkan contoh kondisi
saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·
menunjukkan unsur-unsur
atau komponen peta;
·
menyebutkan letak
Indonesia secara astronomis;
·
menyebutkan letak
Indonesia secara geografis;
|
4.1 Menjelaskan
konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis,
flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan.
|
·
menjelaskan implikasi
letak Indonesia terhadap aspek ekonomi;
·
menjelaskan implikasi
letak Indonesia secara sosial dan budaya;
·
menjelaskan implikasi
letak Indonesia secara geologis;
·
menjelaskan potensi
sumber daya alam berupa hutan di Indonesia;
·
menjelaskan potensi
sumber daya alam berupa sumber daya tambang;
·
menjelaskan potensi
sumber daya perikanan laut Indonesia;
·
menjelaskan potensi
sumber daya hutan mangrove di Indonesia;
·
menjelaskan potensi
sumber daya terumbu karang di Indonesia;
·
membandingkan jumlah
penduduk Indonesia diantara
penduduk negara lainnya di dunia;
·
menjelaskan pola
sebaran penduduk Indonesia;
·
menjelaskan komposisi
penduduk Indonesia menurut usia;
·
menjelaskan komposisi
penduduk Indonesia menurut jenis kelamin;
·
menjelaskan
perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
·
menjelaskan kualitas
penduduk Indonesia;
·
menunjukkan keragaman
rumah adat di Indonesia;
·
menunjukkan keragaman
pakaian adat di Indonesia;
·
menunjukkan keragaman
tarian di Indonesia;
·
menjelaskan kondisi
geologi Indonesia;
·
menjelaskan kondisi bentuk
muka bumi Indonesia;
·
menjelaskan kondisi
iklim di Indonesia;
·
menjelaskan keragaman
flora di Indonesia;
·
menjelaskan keragaman
fauna di Indonesia; dan
·
menjelaskan
bentuk-bentuk perubahan akibat interaksi antarruang.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat:
· menjelaskan
pengertian konsep ruang;
· menjelaskan
pengertian interaksi antarruang;
· menyebutkan
contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
· menyebutkan
contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
· menjelaskan kondisi
saling bergantung yang
diperlukan untuk terjadinya
interaksi antarruang;
· menyebutkan
contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi
antarruang;
· menunjukkan
unsur-unsur atau komponen peta;
· menyebutkan
letak Indonesia secara astronomis;
· menyebutkan
letak Indonesia secara geografis;
Untuk file lebih lengkap silahkan klik di link dibawah ini untuk mendownload.
Download perangkat pembelajaran IPS kelas VII Semester I
No comments:
Post a Comment