RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester :
VII/Ganjil
Materi Pokok : Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 serta
hadis tentang semangat menuntut ilmu.
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Alokasi Waktu :
9 Jam Pelajaran (3 Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan a(faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
NO
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.
|
1.1
Terbiasa membaca
al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang
beriman dan berilmu.
|
1.1.1
Menjelaskann arti Q.S. ar-Rahman/55:33
dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
|
2.
|
2.1.
Menghayati
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadalah /58:
11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait
|
2.1.1
Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33
dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.1.2
Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam
Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11.
|
3.
|
3.1.
Memahami makna Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S.
ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
|
3.1.1
Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
|
4.
|
4.1.1. Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman
/55: 33 dengan tartil.
|
4.1.1.1 Menunjukan
bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
|
5.
|
4.1.2. Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S.
ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
|
4.1.2.1 Mendemontrasikan
hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
6.
|
4.1.3. Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadalah /58: 11,
Q.S. ar-Rahman /55: 33.
|
4.1.3.1
Menampilkan contoh perilaku semangat
menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan
Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
à Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah
à Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
2.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan
Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
à
Menjelaskan
makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
3.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33
dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
à Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut
ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11,
serta hadis terkait
Fokus nilai-nilai sikap
1. Religius
2. Kesantunan
3. Tanggung
jawab
4.
Kedisiplinan
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
Reguler
1.
Fakta
à Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.
Konsep
à Perilaku Orang yang Cinta Ilmu
Pengetahuan
à Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap
seorang islam
3.
Prinsip
à Memahami al-Qur’an
4.
Prosedur
à Mengartikan
Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2. Materi Pembelajaran
Remedial
à Mari Memahami al-Qur’an
à Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
3. Materi Pembelajaran
Pengayaan
à Peserta didik diminta mencari hukum bacaan mad far’i
E. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3.
Bahan Tayang
Untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan klik dibawah ini
Download perangkat Pendidikan Agama Islam Semester I
No comments:
Post a Comment