Anda
dapat mendownload file perangkat pembelejaran seni budaya lengkap di link
download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP...
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester
: VII / Ganjil
Materi
Pokok : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami
unsur, prinsip, teknik dan prosedur
menggambar flora, fauna dan alam benda
dengan berbagai bahan
|
·
Mengidentifikasi
kekayaan dan keunikan flora, fauna dan alam benda Indonesia
·
Mendeskripsikan
keunikan flora,fauna dan alam benda Indonesia
|
4.1 Menggambar
flora, fauna, dan alam benda
|
·
Mengekspresikan
diri melalui gambar flora, fauna,dan alam benda
·
Mengomunikasikan
hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengapresiasi
dan berkreasi seni rupa, yaitu:
1.
Mengidentifikasi
kekayaan dan keunikan flora, fauna dan alam benda Indonesia
2.
Mendeskripsikan
keunikan flora,fauna dan alam benda Indonesia
3.
Mengekspresikan
diri melalui gambar flora, fauna,dan alam benda
4.
Mengomunikasikan
hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
Menggambar
·
Objek Menggambar
·
Komposisi
·
Teknik Menggambar
1.
TeknikMenggambarFlora
2.
TeknikMenggambarFauna
3.
TeknikMenggambarAlamBenda
·
Alat dan Media
Gambar
1.
Pensil
2.
PensilWarna
3.
Krayon
4.
Pulpen(ballpoint)
5.
KertasGambar
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
1.
Media
v Media audio
v Media visual
v Media audia visual
v Lembar penilaian
v Perpustakaan
v Internet
2.
Alat/Bahan
v Pensil
v Pensil warna
v Krayon
v Buku gambar
v Bolpoin
G.
Sumber Belajar
v Buku seni budaya
kelas VII, Kemendikbud, tahun 2013 edisi 2016
v Buku-buku lain
yang relevan
v Buku-buku seni
budaya di perpustakaan
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama (
3 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik tentang gambar yang ada di sekitar mereka
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan
alam benda
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam
benda.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi Memahami konsep flora,
fauna dan alam benda.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
v Mendengar
Pemberian materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Memahami konsep flora,
fauna dan alam benda
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
·
Apa perbedaan dua gambar flora
diatas?
·
Apa perbedaan dua gambar fauna
diatas?
·
Apa perbedaan dua gambar alam
benda diatas?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain
selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam
benda yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam
benda yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
contoh dalam buku paket mengenai materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda.
v Mengumpulkan
informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam
benda yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan
ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar
informasi tentang materi :
Ø Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda
v Mengolah
informasi dari materi Memahami konsep flora, fauna dan alam
benda yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam
benda berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Memahami konsep
flora, fauna dan alam benda
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Memahami
konsep flora, fauna dan alam benda yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Download perangkat Seni budaya SMP kelas VII Semester I
No comments:
Post a Comment