Saturday, 20 April 2019

Perangkat pembelajaran Seni budaya SMP kelas VII Semester I

Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran seni budaya lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  : SMP...
Mata Pelajaran                      : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester                     : VII / Ganjil
Materi Pokok                        : Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi Waktu                       : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Memahami unsur, prinsip, teknik  dan prosedur menggambar flora,  fauna dan alam benda dengan  berbagai bahan
·     Mengidentifikasi kekayaan dan keunikan flora, fauna dan alam benda Indonesia
·     Mendeskripsikan keunikan flora,fauna dan alam benda Indonesia
4.1    Menggambar flora, fauna, dan alam  benda
·     Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,dan alam benda
·     Mengomunikasikan hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni rupa, yaitu:
1.       Mengidentifikasi kekayaan dan keunikan flora, fauna dan alam benda Indonesia
2.       Mendeskripsikan keunikan flora,fauna dan alam benda Indonesia
3.       Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,dan alam benda
4.       Mengomunikasikan hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan.

D.      Materi Pembelajaran
·         Pengertian Menggambar
·         Objek Menggambar
·         Komposisi
·         Teknik Menggambar
1.       TeknikMenggambarFlora
2.       TeknikMenggambarFauna
3.       TeknikMenggambarAlamBenda
·         Alat dan Media Gambar
1.       Pensil
2.       PensilWarna
3.       Krayon
4.       Pulpen(ballpoint)
5.       KertasGambar

E.      Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                            : Saintifik
2)  Model Pembelajaran           : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3)  Metode                                   : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
1.       Media
v  Media audio
v  Media visual
v  Media audia visual
v  Lembar penilaian
v  Perpustakaan
v  Internet
2.       Alat/Bahan
v  Pensil
v  Pensil warna
v  Krayon
v  Buku gambar
v  Bolpoin

G.     Sumber Belajar
v  Buku seni budaya kelas VII, Kemendikbud, tahun 2013 edisi 2016
v  Buku-buku lain yang relevan
v  Buku-buku seni budaya di perpustakaan

H.     Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik tentang gambar yang ada di sekitar mereka
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
v Mendengar
Pemberian materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
·         Apa perbedaan dua gambar flora diatas?
·         Apa perbedaan dua gambar fauna diatas?
·         Apa perbedaan dua gambar alam benda diatas?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Mengolah informasi dari materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Menjawab pertanyaan tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
 



Download perangkat Seni budaya SMP kelas VII Semester I    

No comments:

Post a Comment

Saturday, 20 April 2019

Perangkat pembelajaran Seni budaya SMP kelas VII Semester I

Anda dapat mendownload file perangkat pembelejaran seni budaya lengkap di link download yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini. 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  : SMP...
Mata Pelajaran                      : Seni Budaya (Rupa)
Kelas/Semester                     : VII / Ganjil
Materi Pokok                        : Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi Waktu                       : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Memahami unsur, prinsip, teknik  dan prosedur menggambar flora,  fauna dan alam benda dengan  berbagai bahan
·     Mengidentifikasi kekayaan dan keunikan flora, fauna dan alam benda Indonesia
·     Mendeskripsikan keunikan flora,fauna dan alam benda Indonesia
4.1    Menggambar flora, fauna, dan alam  benda
·     Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,dan alam benda
·     Mengomunikasikan hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni rupa, yaitu:
1.       Mengidentifikasi kekayaan dan keunikan flora, fauna dan alam benda Indonesia
2.       Mendeskripsikan keunikan flora,fauna dan alam benda Indonesia
3.       Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,dan alam benda
4.       Mengomunikasikan hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan.

D.      Materi Pembelajaran
·         Pengertian Menggambar
·         Objek Menggambar
·         Komposisi
·         Teknik Menggambar
1.       TeknikMenggambarFlora
2.       TeknikMenggambarFauna
3.       TeknikMenggambarAlamBenda
·         Alat dan Media Gambar
1.       Pensil
2.       PensilWarna
3.       Krayon
4.       Pulpen(ballpoint)
5.       KertasGambar

E.      Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                            : Saintifik
2)  Model Pembelajaran           : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3)  Metode                                   : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
1.       Media
v  Media audio
v  Media visual
v  Media audia visual
v  Lembar penilaian
v  Perpustakaan
v  Internet
2.       Alat/Bahan
v  Pensil
v  Pensil warna
v  Krayon
v  Buku gambar
v  Bolpoin

G.     Sumber Belajar
v  Buku seni budaya kelas VII, Kemendikbud, tahun 2013 edisi 2016
v  Buku-buku lain yang relevan
v  Buku-buku seni budaya di perpustakaan

H.     Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik tentang gambar yang ada di sekitar mereka
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
v Mendengar
Pemberian materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
·         Apa perbedaan dua gambar flora diatas?
·         Apa perbedaan dua gambar fauna diatas?
·         Apa perbedaan dua gambar alam benda diatas?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Mengolah informasi dari materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Memahami konsep flora, fauna dan alam benda
v Menjawab pertanyaan tentang materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Memahami konsep flora, fauna dan alam benda yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
 



Download perangkat Seni budaya SMP kelas VII Semester I    

No comments:

Post a Comment