Silabus
Mata
Pelajaran : PPkn
Satuan
Pendidikan : SMP/MTS....
Kelas
/ Semester : VII
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi
waktu : 3 jam x 19 minggu -
semester 1
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Siswa mampu:
1.1
Bersyukur kepada Tuhan TME atas semangat dan komitmen para
pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
2.1
Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen
sebagai Warga Negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri Negara
dalam perumusan dan penetapan Pancasila
3.1
Menganalisis proses perumusan dan penetapan
Pancasila sebagai dasar Negara
4.1
Menyaji hasil analisis proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai dasar
negara:
· Sejarah perumusan Pancasila
· Pembentukan BPUPKI da.2n Usulan Dasar
Negara oleh tokoh perumus Pancasila
· Penetapan Pancasila sebagai dasar negara
· Komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan
Pancasila
· Nilai semangat dan
komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai
dasar negara
|
1.1.1
Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1.2
Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki
komitmen terhadap bangsa dan negara.
2.1.1
Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan
komitmen para pendiri negara.
2.1.2
Berani berperan / mensimulasikan sebagai pendiri negara.
2.1.1
Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
dalam Sidang BPUPKI.
2.1.2
Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi
Pancasila.
2.1.3
Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia
Sembilan.
2.1.4
Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.1.5
Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.1
Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara
4.1.2
Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar
Negara.
4.1.3
Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para
pendiri Negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.4
Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan
Pancasila sebagai dasar Negara
|
· Siswa
mengamati Video/film/gambar
tentang sidang BPUPKI
dengan penuh rasa syukur pada
Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting dari isi video tersebut
termasuk tokoh pengusul dasar negara
dan Panitia Sembilan BPUPKI.
·
Siswa mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan perumusan
dan penetapan Pancasila serta Sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggungjawab
·
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber (buku, Koran,
internet dsb) tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar
Negara dan Sidang BPUPKI dengan rasa ingin tahu dan penuh percaya diri
·
Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi
berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang
diperolehnya dengan kerjasama dan penuh tanggungjawab.
· Siswa menyimpulkan hasil
diskusi dan mempresentasikannya baik secara tertulis maupun lisan di depan
kelas dengan rasa percaya diri.
·
Siswa mensimulasikan
kegiatan kepentingan bersama atau kepentingan
masyarakat
|
15
JP
|
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
|
Download Perangkat pembelajaran Pkn Semester I
No comments:
Post a Comment